DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Visi dan Misi

dikpora

Visi Kabupaten Sumbawa Barat Berdasarkan RPJMD Tahun 2021-2026:

“TERWUJUDNYA KSB BAIK BERLANDASKAN GOTONG ROYONG”

Untuk mewujudkan visi pembangunan KSB BAIK, diperlukan rumusan umum mengenai upaya yang akan dilaksanakan yang selanjutnya disebut Misi. Misi membantu agar visi tergambarkan lebih jelas, memberikan kerangka bagi tujuan dan sasaran serta arah kebijakan yang ingin dicapai dan menentukan jalan yang akan ditempuh untuk mencapai visi tersebut. Oleh karena itu, pokok-pokok visi tersebut dijabarkan ke dalam 6 (enam) misi sebagai berikut:

  1. KSB BAIK dalam akhlak dan daya saing sumberdaya manusia

Misi ini diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia daerah baik dari pengetahuan dan kesehatannya, maupun prilakunya. Sehingga manusia Sumbawa Barat yang baik tidak saja dilihat dari sisi tingkat pendidikannya ataupun tingkat kesehatan, tetapi juga perilaku kesehariannya mencerminkan akhlak yang baik.

  1. KSB BAIK dalam kemandirian sosial masyarakat

Misi ini diarahkan untuk meningkatkan jaminan dan perlindungan sosial masyarakat dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sumbawa Barat.

  1. KSB BAIK dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik

Misi ini diarahkan untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akuntabel, bebas korupsi kolusi dan nepotisme serta meningkatkan kualitas pelayanan publik yang transparan dan terintegrasi.

  1. KSB BAIK dalam kemandirian pangan

Misi ini diarahkan untuk meningkatkan ketersediaan, distribusi dan keamanan pangan pokok masyarakat serta pengolahannya di dalam daerah Kabupaten Sumbawa Barat.

  1. KSB BAIK dalam kemandirian ekonomi

Misi ini diarahkan untuk meningkatkan aktivitas ekonomi di dalam wilayah Kabupaten Sumbawa Barat melalui peningkatan sektor-sektor unggulan daerah.

  1. KSB BAIK dalam kemantapan infrastruktur dan pengelolaan lingkungan hidup

Misi ini diarahkan untuk meningkatkan kemantapan infrastruktur daerah untuk mendukung semua sektor ekonomi dan sosial masyarakat Sumbawa Barat. Misi ini juga diarahkan untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Sumbawa Barat melalui penataan lingkungan baik dalam kewenangan daerah maupun di luar kewenangan daerah melakukan koordinasi intensif dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Dari 6 misi tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berada pada misi pertama, yakni KSB BAIK dalam akhlak dan daya saing sumberdaya manusia.

Untuk mewujudkan keenam Misi tersebut, Pemerintah Daerah akan kembali melanjutkan pembangunan yang partisipatif dan responsif, mengedepankan kearifan lokal, musyawarah mufakat yang berlandaskan nilai-nilai agama dan gotong royong demi terwujudnya Visi Daerah dalam RPJPD Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2006-2025, yaitu Terwujudnya Pembangunan Berkelanjutan pada Semua Aspek Kehidupan Masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat.

Batas Waktu Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2023
Batas Waktu Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2023