DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Progress Data Dapodik

AV Rahman

Dapodik bisa di bilang jantung dari setiap satuan pendidikan , karena semua data baik itu pegawai,Guru akan terdata dan masuk ke dalam aplikasi Dapodik.

Sebelum data masuk ke server Pusat maka terlebih dahulu kita harus menyinkron kan aplikasi  dapodik dengan layanan database Pusat. Begitu juga sebalik nya ketika ingin mengambil data dari server pusat kita harus menarik data nya, Berikut akan saya bahas Perbedaan Tarik data dan Sinkronisasi Dapodik

Perbedaan tarik data dan Sinkronisasi Dapodik

Tarik data: proses pengiriman data satu arah dimana hanya akan menurunkan data yang mengalami perubahan yang terdapat di server saja. Proses ini tidak akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal (Aplikasi Dapodik) ke server. Data invalid yang terdapat di validasi lokal tidak akan berpengaruh terhadap proses tarik data ini.
Sinkronisasi: proses pengiriman data dua arah yang akan menurunkan data yang mengalami perubahan di server dan akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal ke server. Jika ada data yang invalid saat validasi lokal, proses sinkronisasi tidak dapat dilanjutkan.