DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

NPSN

AV Rahman

NPSN adalah singkatan dari Nomor Kepala Sekolah Nasional. NPSN merupakan kode pengenal sekolah Indonesia yang memiliki sifat yang sangat unik karena kode inilah yang membedakan sekolah yang satu dengan yang lainnya.

Selanjutnya, NPSN ini kini menjadi nasional karena menggantikan arahan sebelumnya yang disebut NIS. NIS memiliki format yang berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. Sehingga memberikan dampak bahwa penyusunan arahan identifikasi sekolah berbeda-beda antara satu provinsi dengan provinsi lainnya.

Hal ini mengakibatkan adanya beberapa data sekolah yang berdampak kuat pada sistem penggajian, penilaian, dan pendaftaran lainnya. Oleh karena itu, NPSN merupakan cara yang tepat untuk menyederhanakan dan menggabungkan sistem sehingga setiap sekolah memiliki arah yang unik dan perbedaan utama antar sekolah di seluruh Indonesia.

Perlu diingat sekali lagi bahwa NPSN merupakan pedoman pengenal yang telah ditetapkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dan telah diberikan kepada satuan pendidikan (sekolah) melalui dinas pendidikan kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

Sebagaimana kabar terbaru bahwa dasar pengembangan NPSN adalah Permendikbud Nomor 99 Tahun 2013 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.