DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Sekretariat Dinas

Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022

Taliwang – Jum’at, 23 Desember 2022, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat melalui Sub Bagian Umum dan Kepegawaian melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara serta Bimbingan Teknis Tata Cara Penyusunan Penilaian Kinerja Tahun 2022 dan Sasaran Kinerja Pegawai Tahun 2023 berdasarkan PermenPANRB nomor 6 tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat pada pukul 08.00 WITA.

Peserta dalam kegiatan sosialisasi ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat. Narasumber pada kegiatan sosialisasi ini adalah Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pengembangan Aparatur (PPA) Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sumbawa Barat, Muhammad Ridwan, S.H. Diharapkan setelah dilaksanakan sosialisasi, para peserta dapat memahami dan menyusun SKP sesuai dengan peraturan terbaru.

Peraturan yang ditetapkan pada 3 Februari 2022 telah mengubah SKP yang berbasis hasil cascading yakni berkontribusi secara langsung dengan keberhasilan pimpinan dan non-direct cascading yakni tidakberkontribusi secara langsung dengan keberhasilan pimpinan. SKP tahun 2022 memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya, yaitu penyusunan SKP sebelumnya dilaksanakan dari bawahan ke atasan. Namun berdasarkan PermenPANRB nomor 6 tahun 2022, penyusunan berjenjang dari Jabatan Pimpinan Tinggi ke Jabatan Administrasi dan kemudian dilanjutkan kepada Jabatan Fungsional. Selain itu, terdapat perbedaan pada orientasi yang sebelumnya berorientasi pada proses, sekarang berorientasi pada hasil. 

Selain itu adanya perubahan dimensi pada Perilaku Kerja dimana sebelumnya Standar Perilaku Kerja berisi 5 poin yaitu:

  1. Orientasi Pelayanan
  2. Komitmen
  3. Inisiatif Kerja
  4. Kerjasama
  5. Kepemimpinan

Pada SKP Tahun 2022 Standar Perilaku Kerja ASN didasarkan pada Nilai Dasar ASN BerAKHLAK yang merupakan pengembangan PP 30 tahun 2019 terdiri dari 7 poin yaitu:  

  1. Berorientasi Pelayanan
  2. Akuntabel
  3. Kompeten
  4. Harmonis
  5. Loyal
  6. Adaptif
  7. Kolaboratif

Untuk pengisian Sasaran Kinerja Pegawai Tahun 2023 dapat diakses melalui https://kinerja.bkn.go.id

Tim Jurnalis Sekretariat

Related posts

Rapat Percepatan Rehabilitasi Ruangan Sekolah

dikpora

Wabup Tekankan Guru Harus Bisa Beri Ketenangan Kepada Murid

dikpora

Bimtek Penatausahaan Barang Milik Daerah 2022

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023