DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Sekretariat Dinas

Bimtek Penatausahaan Barang Milik Daerah 2022

Taliwang – Dalam rangka meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah yang bertanggungjawab mengelola Barang Milik Daerah di sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Subbagian Umum dan Kepegawaian melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Barang Milik Daerah (BMD) pada 29 November 2022 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat.

Narasumber Bimtek kali ini adalah Kasubbid Inventarisasi dan Penyusunan Neraca Aset BPKAD Kabupaten Sumbawa Barat, Dewi Indrawati, S.E., M.Acc dan dihadiri oleh Sekretaris Dinas, Kasubbag Umum dan Kepegawaian, dan 160 Bendahara Barang yang berasal dari seluruh sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat mulai dari jenjang TK hingga SMP beserta perwakilan dari SKB dan Korwilcam. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam sambutannya, beliau berharap para peserta dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai penatausahaan BMD agar lebih tertib dan akuntabel.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi 1 dimulai dari jam 09.00 sampai 12.00 WITA untuk sekolah jenjang TK dan SMP. Sesi 2 dimulai dari jam 14.00 sampai 16.00 WITA untuk jenjang SD, SKB, dan Korwilcam. Materi Bimtek yang disampaikan narasumber mencakup mengenai Dasar Hukum Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi, dan Pelaporan Barang Milik Daerah, Ketentuan Belanja Modal, Klasifikasi Aset, Belanja Habis Pakai dan Belanja Modal di Sekolah, serta Kelengkapan Pertanggungjawaban Belanja Modal.

Selama kegiatan bimtek, para peserta melakukan sharing mengenai kondisi dan permasalahan yang dialami dalam mengelola BMD di sekolah. Para Bendahara Barang tidak hanya sekedar mendapatkan tugas untuk mengelola BMD, tetapi juga harus menjadi pengelola yang professional dan dapat memberikan informasi terkait dengan barang-barang yang menjadi tanggungjawab pengelola barang secara detail. Informasi mengenai keberadaan barang-barang harus terdokumentasi dengan baik dan sebisa mungkin mengurangi peluang hilangnya barang ataupun rusak sebelum waktunya.

Tim Jurnalis Sekretariat

Related posts

Dikpora Sumbawa Barat Terus Ciptakan Sekolah Tanpa Pungli

dikpora

Kegiatan Legalisasi Dokumen Pendataan Pegawai Tidak Tetap Daerah Kabupaten Sumbawa Barat

Umkep Dikbud

Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023