DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Bidang Pembinaan Sekolah Dasar

Pelaksanaan Kamis Budaya di Jenjang Sekolah Dasar

Sumbawa Barat – Kamis Budaya merupakan salah satu program yang dicanangkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat. Program ini berisi kegiatan-kegiatan seperti, olahraga tradisional, permainan rakyat, dan penampilan kesenian-kesenian daerah yang ditampilkan oleh para siswa. Tidak hanya itu, setiap hari Kamis, siswa-siswi beserta guru akan menggunakan baju adat untuk memeriahkan kegiatan Kamis Budaya.

Program Kamis Budaya merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan kembali nilai-nilai budaya kepada para siswa. Nilai-nilai budaya yang semakin hari semakin tergeser oleh adanya perkembangan teknologi membuat karakter siswa cenderung berubah. Mereka lebih mengenal permainan online dibandingkan permainan-permainan tradisional. Mereka juga jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar karena lebih banyak menghabiskan waktu dirumah dengan gadget mereka. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam mengenal budaya daerah, misalnya melalui permainan rakyat, olahraga tradisional, dan kesenian-kesenian daerah.

Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat siswa untuk datang ke sekolah serta membuat siswa menjadi tidak jenuh dalam belajar. Perubahan pola penyebaran ilmu dengan cara yang menyenangkan juga dapat membantu mengubah karakter siswa kearah yang lebih baik.

Pelaksanaan kegiatan Kamis Budaya perlu dioptimalkan, karena dapat memberikan ruang bagi siswa untuk berekspresi melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas siswa sekaligus berkontribusi dalam melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah.

Tim Jurnalis Bidang SD

Related posts

Persiapan Pergantian Tahun Ajaran 2018/2019

dikpora

Penerapan Outdoor Study dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler di SDIT Bina Ul Ummah Maluk

Umkep Dikbud

Kegiatan Sabtu Pramuka

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023