DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Bidang Paud dan PNF

Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Buku Ajar Cerita Anak Bergambar Berbasis Muatan Lokal pada Satuan PAUD

Sumbawa BaratDinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bidang PAUD dan PNF melaksankan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Buku Ajar Cerita Anak Bergambar Berbasis Muatan Lokal pada Satuan PAUDbersama beberapa mitra yang merupakan tim penyusun yang terdiri dari akademisi dan budayawan sebanyak 10 Orang, Organisasi mitra, IGTKI, HIMPAUDI dan OPD terkait yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 5 orang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan penerbitan buku ajar cerita anak bergambar yang dapat membantu orang tua, pendidik dan pemerhati pendidikan dalam memberikan bacaan yang berkualitas untuk anak-anak. Peranan bacaan buku cerita bergambar merupakan salah satu cara dalam pembentukan karakter anak, dimana di dalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa membentuk karakter anak.

Cerita anak bergambar adalah cerita yang mengandung kisahan yang diemban oleh pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar, serta tahapan dan rangkaian cerita yang disampaikan melalui media gambar. Cerita bergambar biasanya tidak saja menghibur, tetapi untuk memberi gambaran umum tentang sebuah kebaikan dan keburukan, atau nasihat-nasihat dengan melukiskan sebuah kejadian dalam bentuk cerita.

Dengan adanya buku cerita bergambar di sekolah, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai tokoh-tokoh karakter dalam cerita dan mengetahui nilai karakter yang terkandung dalam cerita tersebut sehingga siswa dapat mengambil pelajaran yang ada pada cerita tersebut.

Kegiatan diskusi ini dilaksanakan dalam 3 tahap, yakni FGD tahap 1 pada 13 Juli 2022, FGD tahap 2 pada 27 Juli 2022, dan FGD tahap 3 pada 12 September 2022 dia Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat dengan menghadirkan penulis buku dan budayawan Sumbawa, Aries Zulkarnain, S.Pd., M.M.Inov. selaku narasumber.

Tim Jurnalis Bidang PAUD dan PNF

Related posts

Bimtek Pendampingan Mutu PAUD di Kabupaten Sumbawa Barat

Umkep Dikbud

Dana BOP PAUD Bukan Untuk Pembelian Absensi Online

dikpora

Sosialisasi Pelaporan BOP PAUD dan Kesetaraan Sub Kegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Bidang PAUD dan PNF

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023