DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Bidang Paud dan PNF

Bimtek Penerapan Layanan Holistik (HI) di Satuan PAUD

Sumbawa BaratPenyiapan sumber daya manusia berkualitas harus diawali sejak usia dini, bahkan sejak masa konsepsi dalam kandungan. Pemenuhan kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan anak secara holistik integratif sangat menentukan kualitas kesehatan, kecerdasan, dan kematangan sosial di tahap berikutnya.

Layanan stimulasi holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan menjadi kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat, dan orang tua.

Masih kurangnya pemahaman guru mengenai layanan holistik integratif serta penerapannya yang belum maksimal memerlukan perhatian pemerintah terutama pihak-pihak yang memiliki hubungan langsung dengan pendidikan, agar mutu PAUD meningkat. Salah satu pemangku kepentingan yang dipandang memiliki peran strategis dalam mendorong upaya menciptakan penyelenggaraan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif adalah Bunda PAUD dan Guru -Guru PAUD.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bidang Pembinaan PAUD dan PNF melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Layanan Holistik Integratif (HI) di Satuan PAUD pada 3-4 Oktober di Aula TK Negeri Pembina Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari 7 Orang dari Bunda PAUD Kelurahan, 41 Orang Bunda PAUD Desa, 28 Orang Guru TK Negeri dan 24 Orang Guru PAUD HI dengan narasumber dari BGP Provinsi NTB, yakni Yulia Hidayati, M.Ed(EC).                                  

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memperkuat Lembaga PAUD dalam penyelenggaraan layanan pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI), meningkatkan kemampuan dan kemahiran Guru – Guru PAUD dalam melaksanakan pembelajaran dan pelayanan pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di Satuan PAUD masing – masing, serta diharapkan Bunda-Bunda PAUD dapat membuat rencana program dan kegiatan setiap tahunnya dalam rangka mendukung layanan PAUD berkualitas. Selain itu melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap layanan PAUD HI di wilayahnya masing-masing serta melakukan pendampingan, koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas dalam pembinaan layanan PAUD HI.

Tim Jurnalis Bidang PAUD dan PNF

Related posts

Dana BOP PAUD Bukan Untuk Pembelian Absensi Online

dikpora

Sosialisasi Pelaporan BOP PAUD dan Kesetaraan Sub Kegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Bidang PAUD dan PNF

Umkep Dikbud

Bimbingan Teknis Lingkungan Belajar Berkualitas (LBB) PAUD oleh LPMP NTB

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023