DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Bidang Paud dan PNF

Bimbingan Teknis Pembelajaran Berbasis Modul dan Penggunaan SeTARA Daring untuk Lembaga Kesetaraan

Sumbawa BaratPendidikan kesetaraan masih harus hadir menjadi pengganti dari pendidikan formal dengan meminimalkan kelemahan yang terjadi agar mampu memfasilitasi peserta didik tanpa mengulang kelemahan yang terjadi dipendidikan formal. Namun, bukan berarti pada pendidikan kesetaraan program paket A, B dan C bebas masalah, rendahnya minat yang berakibat pada rasa malas, ketersedian waktu dan kesibukan bekerja terkait kemampuan membagi waktu antara pekerjaan dengan waktu belajar, peserta didik yang kurang mampu berkonsentrasi terkait dengan strategi kegiatan belajar mengajar (KBM) yang tidak sesuai dengan usia peserta didik, sarana dan prasarana yang kurang lengkap, hingga jadwal yang sering berubah dan tutor yang terkadang berhalang hadir kerap menjadi hambatan dalam pelaksanaan pendidikan kesetaraan.

Melalui media pembelajaran SeTARA daring peserta didik dengan tutor dapat menyesuaikan jam belajar, jadwal yang fleksibel dengan kesibukan peserta didik dan mengefisiensikan sarana prasarana yang dimiliki satuan pendidikan.

SeTARA Daring adalah sebuah aplikasi Learning Management System yang dirancang untuk pembelajaran jarak jauh. Aplikasi ini dikembangkan oleh Dit. Bindiktara yang bekerja sama dengan Tim SEAMOLEC. Sasaran dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk memberikan opsi kepada peserta didik yang memiliki keterbatasan waktu maupun jarak tempuh sehingga dapat mempermudah para peserta didik untuk tetap mengikuti program pendidikan kesetaraan.

Tujuan kegiatan bimtek ini adalah untuk memotivasi tutor guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dan merencanakan, melaksanakan, dan membuat evaluasi hasil pembelajaran serta meningkatkan kemampuan dan kemahiran tutor dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 18 dan 19 Juli 2022 di Aula SKB BOTO yang dihadiri oleh 33 orang peserta yang terdiri dari 8 tutor SPNF SKB Boto, 5 Tutor PKBM Lestari, 5 Tutor PKBM Uswatun Hasanah, 5 Tutor PKBM Yasika, 1 tutor PKBM Ulil Amri, 5 tutor PKBM Fathul Iman dan 4 tutor PKBM Al- Furqon dengan narasumber dari BGP Provinsi NTB (Lalu Mukti Dwinata, S.Kom.) dan Universitas Cordova (Hasanuddin, ST, M.Cs.).      

    

Tim Jurnalis Bidang PAUD dan PNF

Related posts

Penyusunan Silabus Muatan Lokal PAUD dan PNF

Umkep Dikbud

Rapat Koordinasi Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa Barat

Umkep Dikbud

Bimtek Pendampingan Mutu PAUD di Kabupaten Sumbawa Barat

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023