DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Penyusunan RKAS BOS Jenjang SMP Tahun Anggaran 2022

Menjelang persiapan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) Tahun Anggaran 2022, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bidang Pembinaan SMP menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penysunan RKAS BOS Jenjang SMP pada 21 sampai 22 Maret 2022 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh bendahara SMP se-Kabupaten Sumbawa Barat.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan bantuan dana pendidikan dari APBN. Bantuan tersebut diberikan kepada sekolah/madrasah di seluruh Indonesia dengan tujuan utamanya membantu biaya operasional sekolah dan meningkatkan aksesibilitas dan mutu pembelajaran bagi peserta didik. Sebelum menyusun RKAS BOS, satuan pendidikan harus melakukan pemutakhiran dapodik sesuai dengan kondisi riil sekolah.

Melalui bimtek ini, diharapkan para bendahara bersama kepala sekolah mampu merancang kegiatan yang disesuaikan dengan jumlah anggaran BOS agar tidak terjadi kekurangan maupun sisa. Anggaran BOS digunakan untuk proses penerimaan peserta didik baru, peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, pembinaan bakat minat peserta didik, peningkatan kegiatan belajar mengajar maupun rehabilitasi ringan. Perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOS 2022 diharapkan lebih lancar, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga akan terwujud penggunaan dana BOS yang fleksibel, efektif, efisien dan akuntabel serta transparan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi riil satuan pendidikan SMP di Kabupaten Sumbawa Barat. Selain itu, RKAS tahun ini diharapkan mampu lebih baik dari tahun sebelumnya.

Tim Jurnalis Bidang SMP

Related posts

Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022

Umkep Dikbud

PENDIDIKAN Dikpora dan INOVASI Gelar Workshop Guru BAIK-Asesmen Formatif

dikpora

FLS2N Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Sumbawa Barat

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023