DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Bidang Pembinaan GTK

Diklat Pendidikan Inklusi Jenjang SD dan SMP Kabupaten Sumbawa Barat

Sumbawa BaratDalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap anak-anak berkebutuhan khusus, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Pendidik (GTK) melaksanakan Diklat Pendidikan Inklusi jenjang SD dan SMP yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat pada Rabu, 31 Agustus 2022.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, tidak ada perlakuan diskriminatif antara anak-anak yang normal dengan anak-anak berkebutuhan khusus terutama dalam mendapatkan layanan pendidikan. Semua guru perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik dan membimbing mereka agar menjadi generasi cerdas yang mampu bersaing dengan anak-anak normal lainnya.

Guru kelas maupun guru mata pelajaran perlu berkolaborasi dengan guru pendidik khusus untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif dan menyenangkan sehingga anak-anak berkebutuhan khusus dapat menerima pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan adanya diklat ini diharapkan guru dapat menganaisis masalah di sekolah masing-masing, mengenal setiap siswa beserta karakterya sehingga dapat menggali potensi dan kecenderungan setiap siswa. Selain itu, guru juga harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menciptakan kerjasama antar siswa, serta menjalin kerjasama dengan orang tua maupun instansi terkait.

Tim Jurnalis Bidang GTK

Related posts

TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN, DINAS DIKPORA MELAKSANAKAN KEGIATAN PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI

dikpora

DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2019

GTK Dikbud

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN MELAKSANAKAN SELEKSI SUBSTANSI CALON KEPALA SEKOLAH TAHAP 2 TAHUN 2020

GTK Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023