DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Bidang Pembinaan GTK

Bimtek Metode dan Strategi Pembelajaran Guru dan Workshop Pengembangan Pendidikan Karakter Jenjang PAUD

Sumbawa BaratGuru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus kreatif sehingga mampu membuat media pembelajaran yang menarik bagi peserta didiknya. Tidak hanya teori, tetapi juga praktik seperti memanfaatan barang-barang bekas yang dibentuk menjadi alat permainan edukatif (APE). Contohnya, miniatur mobil-mobilan dari botol bekas sebagai media permainan anak.

Selain itu, guru juga harus paham mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi,  sehingga dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendukung metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didiknya. Contohnya, dengan menggunakan aplikasi Ms. Power Point untuk membuat presentasi dengan animasi untuk menarik perhatian peserta didik.

Kegiatan ini juga dirangkaiakan dengan workshop pengembangan pendidikan karakter yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pendidikan anak usia dini. Membentuk dan menum­buhkan karakter memerlukan proses yang panjang. Pada masa usia dini inilah yang merupakan masa kritis untuk membentuk karakter seseorang. Sehingga, perlu adanya pengembangan pendidikan karakter yang berkualitas yang dibentuk dan dibina sejak dini.

Kegagalan penanaman  karakter yang  baik  di usia dini ini akan membentuk pribadi yang  bermasalah di masa dewasanya. Sehingga, kesuksesan orang tua maupun pendidik membimbing anaknya dalam mengatasi konflik kepribadian  di  usia  dini  sangat  menentukan  kesuksesan  anak dalam kehidupan sosial di masa dewasanya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 19 dan 23 September 2022 di SMAN 1 Taliwang oleh Bidang Pembinaan GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat dan bekerjasama dengan Bank NTB Syariah.

Tim Jurnalis Bidang GTK

Related posts

DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2019

GTK Dikbud

TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN, DINAS DIKPORA MELAKSANAKAN KEGIATAN PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI

dikpora

Diklat Pendidikan Inklusi Jenjang SD dan SMP Kabupaten Sumbawa Barat

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023