DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Bidang Kebudayaan

Program Seniman Masuk Desa Terpilih Sebagai Salah Satu Inovasi Daerah KSB

Taliwang – Perwakilan Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat mengikuti Lomba Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Sumbawa Barat pada 17 Oktober 2022. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengusung program Seniman Masuk Desa sebagai inovasi unggulan.

Program Seniman Masuk Desa merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk mencintai dan menggali seni dan budaya agar dapat terus dilestarikan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Bidang Kebudayaan menjadi pelopor program Seniman Masuk Desa yang bertugas menyiapkan tenaga di bidang seni khususnya seni tari dan bekerjasama dengan beberapa desa di Kabupaten Sumbawa Barat sebagai mitra yang bertugas menggerakkan masyarakat untuk menyiapkan para calon senimannya. Program Seniman Masuk Desa ini telah berjalan sejak April 2022 di 8 desa pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat, diantaranya Desa Senayan (Kecamatan Poto Tano), Desa Rempe (Kecamatan Seteluk), Desa Kertasari (Kecamatan Taliwang), Desa Moteng (Kecamatan Brang Rea), Desa Mujahiddin (Kecamatan Brang Ene), Desa Beru (Kecamatan Jereweh), Desa Maluk (Kecamatan Maluk), dan Desa Kemuning (Kecamatan Sekongkang).

Dengan tema “Mewujudkan KSB BAIK melalui Inovasi Daerah yang Unggul dan Berkelanjutan”, Lomba Anugerah Inovasi Daerah ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten dalam membenahi inovasi-inovasi daerah agar Indeks Daya Saing Daerah dapat meningkat. Selain itu, tujuan yang ingin dicapai adalah untuk memacu sekaligus memotivasi perangkat daerah maupun masyarakat untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam hal penyelenggaraan pembangunan daerah.

Tim Jurnalis Bidang Kebudayaan

Related posts

Pawai dan Karnaval Budaya Festival Bulan Satangal

Umkep Dikbud

Pembukaan Lomba Olahraga Tradisional dalam Rangka PKD 2022

Umkep Dikbud

Rapat Koordinasi Pembahasan Teknis Karnaval dan Pawai “Festival Bulan Satangal”

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023