DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Bidang Kebudayaan

Penampilan Tari Isong Bale di Istana Merdeka

Taliwang – Tari Isong Bale sukses ditampilkan oleh ratusan seniman asal Kabupaten Sumbawa Barat pada Upacara Penurunan Bendera di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022. Tari Isong Bale ditampilkan secara kolosal dengan melibatkan 100 seniman yang terdiri dari penari, penyanyi, serta pemain alat musik yang berprofesi sebagai pegawai, guru, dan sejumlah siswa SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Sumbawa Barat.

Tarian berdurasi 12 menit ini menggambarkan semangat gotong royong masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. Makna yang terkandung dalam tarian ini mencerminkan nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong seluruh bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari sebagai perekat semangat kebangsaan. Hal ini sesuai dengan tema HUT RI ke-77, yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema HUT RI tahun ini menggambarkan semangat bangkit bangsa Indonesia dari keterpurukan setelah dilanda wabah Covid-19 sejak tahun 2020.

Tari Isong Bale berhasil memukau seluruh tamu undangan dalam Upacara Penurunan Bendera di Istana Negara. Dengan terpilihnya Tari Isong Bale sebagai salah satu kesenian yang ditampilkan di Istana Negara, tentu menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat karena telah membawa nama baik Kabupaten Sumbawa Barat di kancah Nasional.

Video penampilan Tari Isong Bale dapat dilihat pada youtube Prokopim Sumbawa Barat https://www.youtube.com/watch?v=Mgg1KdnqMho

Tim Jurnalis Bidang Kebudayaan

Related posts

Program Seniman Masuk Desa Terpilih Sebagai Salah Satu Inovasi Daerah KSB

Umkep Dikbud

Pawai dan Karnaval Budaya Festival Bulan Satangal

Umkep Dikbud

Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022

Umkep Dikbud

Leave a Comment

SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023
SE Ditjen Kemendikbud tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Periode 2023