DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Sekretariat Dinas

Wabup Tekankan Guru Harus Bisa Beri Ketenangan Kepada Murid

Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Sayfuddin ST meminta kepada para guru untuk bisa memberikan rasa aman dan nyaman serta ketenangan terhadap siswanya dalam menuntut ilmu pasca gempa yang mengguncang wilayah KSB. “Guru harus bisa membuat siswanya merasa nyaman dan tenang dalam melakukan proses belajar mengajar, pasca gempa semua orang trauma apalagi anak anak yang masih kecil yang mudah terguncang jiwanya. Dalam kondisi ini guru harus menjadi yang terdepan untuk mengobati rasa takut, rasa trauma yang dialami siswa, jangan malah guru yang memiliki kecemasan berlebihan yang membuat anak anak semakin trauma berada di dalam ruangan,” ucap Wabup saat berkunjung di SDN Poto Tano, Senin (3/9).

Wabup mengatakan gedung SDN Poto Tano Kecamatan Poto Tano masih dalam kondisi aman dan tidak ada kerusakan sehingga tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan. Para siswa diharapkan untuk belajar di dalam ruangan. Apalagi kondisi di luar ruangan sekolah tidak nyaman, karena angin yang begitu kencang dan banyak debu beterbangan. “Jangan sampai karena kondisi ini akan menimbulkan permasalahan baru yaitu terganggunya kesehatan anak anak,” tukas Wabup.

Belajar di luar ruangan dengan kondisi seperti itu lanjut Wabup, tidak akan bisa maksimal. Apalagi sebentar lagi kelas 6 akan menghadapi ujian yang sudah ditentukan jadwalnya. “Siap gak siap semua siswa kelas 6 se-Indonesia akan tetap melaksanakan ujian dengan jadwal yang sudah ditentukan tanpa ada kompromi walaupun kita terkena dampak bencana gempa seperti yang kita alami saat ini,” ujar orang nomor dua di KSB ini.

Dalam kesempatan itu, pejabat murah senyum ini memberikan semangat kepada siswa siswi setempat bahwa musibah gempa bumi ini harus diambil hikmahnya. Setiap orang sukses pasti pernah mengalami kesusahan di masa lalunya, dan setiap orang besar pernah mendapatkan masalah yang besar pula. “Orang besar terlahir dari semangat yang besar, jadi dengan adanya bencana ini kita harus lebih semangat lagi dalam menuntut ilmu, supaya apa yang kita cita citakan bisa tercapai,” tandasnya, seraya berharap kepada para orangtua siswa untuk bekerjasama dengan guru dalam memberikan rasa aman dan nyaman sekaligus memberikan semangat kepada anak-anak agar terus belajar dengan giat

Related posts

Rapat Percepatan Rehabilitasi Ruangan Sekolah

dikpora

Rapat koordinasi survei pemenuhan angka partisipasi murni (APM) Bidang Pendidikan

dikpora

Guru Sumbawa Barat Dapat Tunjangan Khusus dari Mendikbud

dikpora